Awassss

Awassss

Selasa, 28 Desember 2010

Microsoft

Microsoft Rilis Windows Azure di PDC
Hal pertama yang dilakukan Microsoft di konferensi Professional Developers Conference bukanlah memberikan detil lengkap tentang Windows 7, melainkan memperkenalkan sebuah operating sistem (OS) untuk cloud computing, dinamakan Windows Azure. Sebelumnya pernah disinggung Steve Ballmer sebagai “Windows Cloud,” Windows Azure menjadi basis dari layanan hosting yang memberi kemudahan bagi para pengembang untuk mengoperasikan aplikasinya di infrastruktur cloud computing berbasis Windows — dinamakan Azure Services Platform.
Windows Azure berperan sebagai pondasi dari Azure Services Platform yang membantu para pengembang membuat aplikasi cloud computing — jadi apabila Anda bukan seorang pengembang, pengumuman ini mungkin tidak terlalu berarti untuk Anda, hanya berarti Microsoft juga sudah mulai memasuki dunia cloud computing. Windows Azure bukanlah sebuah OS untuk digunakan pengguna biasa, mereka akan tetap menggunakan Windows 7, penerus Windows Vista.
Microsoft bukanlah perusahaan besar pertama yang menawarkan layanan seperti ini, Amazon sudah sejak dulu menawarkan infrastruktur cloud computing murah dengan layanan Amazon EC2 dan Google App Engine. Bedanya, menggunakan Azure Services Platform memberikan keterbatasan serius bagi banyak pengembang untuk mengembangkan aplikasi menggunakan hanya teknologi yang didukung Microsoft seperti IIS dan .NET.
Menurut Amitabh Srivastava, Corporate VP Microsoft yang merupakan salah satu pengembang kunci Windows Azure adalah sebuah infrastruktur berskalabilitas tinggi untuk mengoperasikan aplikasi berbasis Microsoft, menawarkan berbagai jenis layanan termasuk virtualisasi, penyimpanan dan jaringan dan banyak lagi, semuanya dioperasikan dalam data center global milik Microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar